Membaca Berita Secara Offline - mengenal RSS Feed


Pengertian RSS
RSS (Really Simple Syndication) adalah istilah dalam teknologi Internet yang merujuk pada cara men-sindikasi-kan konten sebuah situs web (web syndication). Layanan ini memudahkan pengguna Internet agar selalu dapat mengetahui ringkasan konten terbaru dari situs tertentu tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs tersebut. Selain itu, RSS yang disediakan sebuah situs dapat digunakan untuk melengkapi konten situs lain.
Layanan RSS disalurkan melalui sebuah file berformat XML yang dapat dibaca oleh publik dengan menggunakan program pembaca RSS yang disebut dengan news aggregator atau feed reader. Beragam program ini dapat di-download secara gratis dari Internet. Program yang diinstal pada PC secara otomatis akan memeriksa file XML yang disediakan situs tertentu secara berkala. Jika informasi terbaru ditemukan, program akan menampilkan judul dan ringkasannya pada PC pengguna, lengkap dengan link yang dapat di-klik untuk membuka halaman web-nya.

Manfaat RSS

  1. Mengetahui berita terbaru dengan cepat
  2. Kita tidak perlu harus berkunjung ke suatu website pilihan kita setiap harinya untuk mendapatkan informasi
  3. Kita bisa diberi tahu mengenai berita terbaru melalui Email, jika kita berlangganan /subscribe

Tipe RSS Reader

RSS reader yang berbasis web (web-based) pada umumnya bersifat gratis. Anda diharuskan untuk mendaftar sebagai member terlebih dahulu, kemudian anda bisa login dan mulai mengatur feed anda.

Untuk layanan RSS reader milik Google anda bisa memakai akun Gmail anda untuk login. Begitu juga dengan RSS reader milik Yahoo bisa memakai akun email Yahoo, jadi anda tidak perlu repot repot mendaftar.

RSS reader yang berupa software mempunyai keuntungan yaitu feed yang sudah didownload bisa anda baca secara offline. Sangat cocok bagi anda yang mempunyai koneksi internet dial-up.

Kelemahannya software RSS reader tidak portable, berbeda dengan web-based RSS reader dimana anda bisa login untuk membaca feed dimana saja selama ada akses internet. Web-based RSS reader sangat cocok untuk anda yang suka berpergian.

Masih bingung dengan RSS? jangan khawatir saya akan membahas cara menggunakan aplikasi RSS Owl dan Bottom Feeder pada artikel mendatang



Cara Berlangganan
Sangatlah mudah untuk berlangganan berita, selain gratis, anda juga akan dikabari via Email jika ada berita terbaru.
Caranya :

  • Tuliskan email anda pada kota yang sudah disediakan,kemudian tekan tombol Kirim
  • Kemudian akan muncul kotak » Masukkan kode huruf/angka yang terdapat dalam kotak abu-abu ke dalam kotak yang sudah disediakan » Kemudian tekan tobol Complete Subscription Request 
  • Selanjutnya anda tinggal login ke Email yang anda gunakan untuk berlangganan dan klik pada link konfirmasi, jika sudah maka, anda akan rutin dikirim update berita terbaru via Email


sumber:
sumber 1
sumber 2

Comments